BELIEF PENGHAMBAT & PEMBANGUN

© 2019 by Siaware

  • SIAware Community

BELIEF PENGHAMBAT & PEMBANGUN

Setiap orang memiliki pemikiran berbeda dalam menghadapi serta menanggapi permasalahan dalam kehidupannya. Hal tersebut didasari oleh kejadian atau pengalaman yang pernah terjadi di masa lalu sehingga menjadi sebuah persepsi atau sebuah keyakinan (belief) yang bahkan bisa berdampak buruk, seperti takut untuk mencoba hingga menghindarinya. Awalnya saya mengikuti Siaware hanya karena ingin memastikan apakah belief yang saya yakini atau khawatirkan ini merupakan suatu hal yang berdampak baik bagi saya? Atau sebaliknya? 


Namun, setelah mengikuti Siaware ternyata saya mendapatkan sesuatu yang melebihi ekspektasi saya, terutama pada sudut pandang terhadap belief yang saya khawatirkan. Seperti, “kenapa lingkungan sekitar saya seringkali mengandalkan atau berharap kepada saya, khususnya untuk meminta bantuan atau support pekerjaan atau keperluan mereka”. Setelah mengikuti Siaware, ternyata belief tersebut selama ini merupakan belief yang membangun bagi diri saya. Dan baru saya sadari bahwa ternyata belief itu tercipta pada orang-orang di sekitar saya karena saya telah memilih melakukannya dari awal sebagai bentuk adaptasi saya terhadap lingkungan baru. Saat ini, saya menjadi siap dengan segala konsekuensinya. Saya pun mendapatkan insight bagaimana cara mengubah belief yang menghambat seperti, segala bentuk ketakutan dan menyalahkan keadaan/kondisi, yaitu dengan cara melakukan hal-hal baru sehingga tertanamkan belief baru dan saya menjadi bertanggung jawab terhadap belief tersebut.


Banyak kesan yang saya dapatkan setelah mengikuti Siaware, diantaranya terhadap diri sendiri. Saya menjadi berani melakukan hal-hal baru yang sebelumnya hal-hal tersebut saya takuti, saya hindari, atau juga saya tunda-tunda. Saya pun mendapatkan lingkungan dan keluarga baru yang memiliki energi  positif dan berlomba-lomba dalam mencapai tujuan masing-masing.


By: Rahmat Habibie Bariyanto

SIAware 32

21 views