Bertumbuh

© 2019 by Siaware

  • SIAware Community

Bertumbuh


Bagi teman-teman pengguna Tumblr, mungkin nama Kurniawan Gunadi ( Siaware 21 ), Novie Ocktaviane ( Siaware 25 ), Satria Maulana, Iqbal Hariadi (Siaware 26), dan Mutia Prawitasari sudah tidak asing lagi. Sejak awal sampai pertengahan tahun 2010-an, saya rasa mereka-lah yang menggerakkan bangkitnya dunia kepenulisan anak muda di era social media. Mungkin terkesan berlebihan, namun itulah yang saya rasakan sebagai blogwalker dan penikmat tulisan- tulisan pendek khas blog dan platform sejenis. Tulisan dengan penyampaian khas dari masing-masing penulis ini mungkin sudah sering kita simak, re-blog, dan bahkan beberapa dari potongan tulisan mereka kita jadikan sebagai self reminder.


Bertumbuh adalah sebuah kolaborasi karya dari kelima penulis yang komplit dan sangat jujur. Buku setebal kurang lebih 270 halaman ini ditulis oleh lima kepala, yang tentu saja berbeda, namun menyuguhkan kumpulan naskah yang apik yang dapat dijadikan sebagai sahabat bercerita dan media berefleksi bagi pembaca. Mengapa saya sebut Bertumbuh seperti sahabat bercerita ? Ya, karena setelah membacanya saya merasa bahwa saya tidak sendirian, bahwa kekhawatiran-kekhawatiran yang selama ini muncul di benak saya pun nyatanya pernah dan mungkin sedang dirasakan orang lain. Bertumbuh mengajak saya memasuki ruang kontemplasi.


Tulisan – tulisan dalam Bertumbuh tidak lain adalah pengalaman pribadi dan pembelajaran dari kejadian-kejadian yang hadir di kehidupan para penulis. Tulisan-tulisan singkat yang sederhana namun dalam dan sarat akan pembelajaran, terkadang membuat pembaca merasa seperti bercermin pada diri sendiri. Di dalam buku ini, pembaca akan mendapatkan sudut pandang baru dalam menyikapi tahapan-tahapan kehidupan. Yang menarik dari buku ini adalah pembaca tidak harus membaca secara urut, karena tulisan yang dihadirkan penulis berbeda – beda dan tentu saja pemaknaan dan pembelajaran yang pembaca rasakan dan dapatkan dari setiap judul tulisan pun akan berbeda-beda pula. Membaca buku ini seperti menemukan beberapa kawan baru yang bijak, yang mungkin saja kawan baru itu adalah dirimu sendiri, pribadi yang kamu diizinkan untuk ikut bertumbuh dengan membaca tulisan demi tulisan didalamnya.

Terima kasih untuk teman-teman penulis Bertumbuh yang sudah berkarya dan berkolaborasi dengan hati ☺. Teruslah bertumbuh !


Reviewer : Astri Mayasari (@achiwww)







Pengarang        : Kurniawan Gunadi, Novie Ocktaviane , Satria Maulana, Iqbal Hariadi, dan Mutia Prawitasari

Penerbit            : CV IDS

Tebal                : 270 halaman



98 views