Finding My True Love

© 2019 by Siaware

  • SIAware Community

Finding My True Love



Dimulai dengan perasaan yang bergejolak dan pertanyaan. Merefleksi diri selama perjalanan perkuliahan yang mempelajari tentang dinamika manusia. Mulai menyadari diri ada sesuatu yang terjadi di masa lalu yang berdampak pada keadaan masa sekarang. Perasaan yang sering menyalahkan keadaan, emosi kurang stabil, ambisius untuk mencapai keinginan berdampak menjadi kurang peduli sama keadaan sekitar karena terlalu fokus dengan target pribadi. Sehingga muncul sinyal-sinyal dalam diri kalau ada hal penting yang mesti “dibereskan” terutama tentang berdamai dengan masa lalu. Saat itu belum tahu apa dan bagaimana caranya. Sampai pada akhirnya lulus kuliah dan gejolak itu semakin memuncak.


Seperti pada umumnya, saat lulus kuliah orang-orang di sekitar memberikan semangat sambil berkata “Welcome to the jungle” dan tantangan itu memang semakin terasa. Seperti masuk melalui pintu gerbang menuju dunia yang lebih luas. Pada saat itu, ada sahabat yang mengenalkan siaware, ia berkata “Ar.. ini bagus banget, dan ini bagus buat kamu” saat itu langsung mencari tahu tentang siaware, nanya-nanya dan mengumpulkan informasi melalui akun di sosial medianya. Setelah membaca-baca tentang siaware semakin tertarik dan merasa menemukan sesuatu yang dibutuhkan. Tapi pada saat itu masih terkendala dengan dana karena saat itu baru lulus kuliah sehingga belum punya penghasilan dan gak enak buat minta sama orangtua. Akhirnya pada saat itu berniat dan bertekad untuk ikut. Aku segera mencari pekerjaan dan menabung dari uang gaji. Alhamdulillah, uang terkumpul kemudian mendaftar.


Disaat malam sebelum besok berangkat untuk ikut training, masih ada perasaan ragu dan pertanyaan yang muncul dalam hati “Ini beneran aku mau ikutan? Yakin?” semakin deg-degan karena gak tahu kaya gimana trainingnya dan bakalan ngapain aja disana. Beberapa hari sebelumnya udah diskusi dan berusaha mengorek informasi dari temen-temen yang udah ikutan tapi tetep gak dikasih info bakalan ngapain, mereka kompak banget bilang “Udah cobain aja, seru banget dan bermanfaat.” Setelah nanya-nanya malah semakin penasaran dan nervous gak tahu siapa aja yang ikutan dan berasa sendirian karena merasa gak ada orang yang dikenal. Terus apa dong yang bikin yakin buat ikutan? Yang bikin yakin adalah semangat untuk berubah.


Berubah dengan berdamai dengan diri sendiri dengan segala hal yang sudah terjadi dan menemukan jawaban dari pertanyaan “Sebenernya aku kenapa sih?” agar memahami diri sendiri. Jadi dengan segala gejolak dan pertanyaan-pertanyaan dalam diri memberanikan diri untuk melangkah dan yakin dengan pilihan yang telah diambil. Mengikuti siaware dengan tujuan utama untuk berdamai dengan diri sendiri.


Siaware menjadi sarana untuk menyadari, menerima diri apa adanya, dan menjadi diri yang lebih baik. Itu lah tujuan, niat, dan misi yang di bawa untuk ikutan siaware. Semua pertanyaan yang aku bawa terjawab di malam terakhir. Memang tidak mudah perjalanan yang dilalui. Sulit karena menghadapi diri sendiri, keyakinan-keyakinan yang membatasi selama ini, segala beban yang dibawa selama bertahun-tahun karena salah memahami dengan menyalahkan keadaan. Di sela-sela pertarungan batin dengan diri sendiri, bertemu dengan orang-orang istimewa yang menemani perjalanan mengarungi masa lalu, masa sekarang, dan masa depan. Awalnya memang gak kenal siapa-siapa tapi disana bertemu dengan teman-teman baru yang luar biasa. Bersama-sama menyemangati dan mendukung dengan hati. Ya seperti pepatah yang mengatakan, berjuang bersama-sama itu lebih mudah dari pada berjuang sendirian.


Dimulai dari siaware, aku menemukan alarm di dalam diri. Mendeteksi emosi yang dirasakan dengan lebih cepat sehingga memiliki waktu untuk memilih respon. Selain itu, pelajaran yang terbesar yang didapat adalah lepas dari beban berat yang selama ini dibawa-bawa selama bertahun-tahun. Terbebas dari beban di masa lalu merupakan dasar untuk melangkah dengan ringan di masa depan. Langkah yang ringan untuk menyadari dan membuka hati untuk merasakan cinta yang sesungguhnya. Cinta dari orang-orang yang tulus terutama keluarga. Keluarga menjadi sumber kasih sayang dan tempat untuk kembali pulang. Tempat untuk pulang dari hingar bingar kehidupan luar yang penuh dengan tantangan selama proses menggapai impian atau menjemput rejeki. Keluarga adalah tempat yang untuk mengisi kembali semangat untuk terus bergerak maju, tempat bersandar saat lelah, berbagi kebahagian, air mata, dan senyuman. Keluarga yang mengajarkan tentang ketulusan, pengorbanan, dan cinta yang sesungguhnya. Keluarga seperti rumah, tempat kembali walaupun telah pergi jauh kemana pun.


Hidup memang tidak otomatis menjadi mudah setelah mengikuti siaware karena pasti ada saja tantangan-tantangan baru yang dihadapi selama menjalani kehidupan. Bersyukur dengan segala yang telah diberikan olehNya. Menjadi kunci untuk menerima segala warna-warni perjalanan kehidupan yang dijalani. Menemukan makna kehidupan bersama orang-orang istimewa yang menyadarkan tentang makna yang sesungguhnya tentang cinta. Yang pasti, cinta atau rasa sayang itu bukan berasal dan untuk orang lain tapi juga berasal dan untuk diri sendiri. Melalui cinta atau rasa sayang, proses untuk memahami, menerima, dan memaafkan diri sendiri menjadi indah. Aku bersyukur menjadi Ariyani. Aku dan kamu selalu punya pilihan untuk memaknai kehidupan. Jadi tentukanlah pilihan terbaik itu.

by Ariyani Siaware 28

60 views