Harmoni Semesta

© 2019 by Siaware

  • SIAware Community

Harmoni Semesta


Harmoni Semesta, seulas judul ini menyiratkan adanya dua unsur yang saling terikat erat dengan selaras membangun semesta kata-kata tentang perjalanan dan pengalaman memaknai kehidupan. Semuanya tertuang melalui untaian tulisan di dalamnya, hasil harmonisasi dari kedua penulis yang merupakan sahabat seperjuangan saya dalam menyemai kebaikan di dunia nyata; Alumni Siaware 26 (@sefirameyda) dan Siaware 24 (@lutfiahhayati).


Sampul buku ini didesain sederhana namun manis menampilkan siluet dua sosok muslimah berjilbab representasi ka Meyda dan Fifi (Lutfiah Hayati) dengan warna konstelasi bintang seperti pelangi. Semua elemennya menyatu dengan harmonis sesuai judulnya. Dengan tebal 174 halaman membuat buku ini ringan untuk dibaca sekali duduk sambil menikmati secangkir teh sore hari atau berkontemplasi tentang diri diiringi alunan musik yang memanjakan telinga.


Harmoni semesta berisi catatan-catatan pikiran dan memori yang dimiliki ka Meyda dan Fifi mengenai sejumput topik sehari-hari mulai dari perkara alam seperti hujan, orang tua, persahabatan sampai isu kemanusiaan. Semua itu diulas dari sisi persepsi Meyda dan Fifi secara bergiliran di tiap bab nya. Saya suka bagaimana bab-bab ini disusun mengalir dalam 5 judul yang bila pembaca sebelumnya pernah mengecap karya Songbook autobiografi Meyda Sefira (Hujan Safir), merupakan judul-judul dari lagu kolaborasi yang kedua penulis nyanyikan bersama.


Hal lain yang saya suka dari buku ini adalah bagaimana tulisan keduanya terasa pas saling melengkapi dengan gaya bahasa masing-masing yang tanpa menggurui dihiasi selingan kutipan-kutipan tentang motivasi diri, Pencipta dan tujuan hidup, sukses bikin jleb ke hati.


Meskipun penyampaian kisah dalam buku ini terkesan ditujukan kepada muslimah, tulisan keduanya menurut saya cocok untuk dibaca kalangan pria maupun wanita yang sedang meresapi hakikat jati dirinya. Menjadi refleksi atas setiap rekam jejak di hidup kita apakah sudah selaras secara horizontal maupun vertikal. Juga pengingat diri bahwa kamu tidak sendiri, akan selalu ada orang-orang bahkan unsur semesta lainnya yang membersamai, mendukung kita untuk bertumbuh ke arah yang baik dalam jalur kebaikan meski hanya diawali tetes-tetes kecil kontribusi diri untuk kebaikan di muka bumi.


Harmoni Semesta menyadarkan saya kembali untuk mensyukuri setiap detik yang sudah terlalui dan meretrospeksi diri sebagai manusia perlu terus berdaya dan memberikan banyak manfaat bagi orang lain. Karena perkara hidup ini bukan sekedar siapa diri kita dan mau apa di dunia, namun ada hak dan kewajiban pada Rabb yang tak bisa dipandang sebelah mata. Belajar untuk memaksimalkan potensi diri sembari menyelaraskan aktivitas harian dengan kemauan Pencipta yang telah memberi visi misi kehidupan dengan sebaik-baiknya. Buku ini menyulutkan semangat untuk terus berkarya dan berkolaborasi menciptakan atmosfir kebaikan yang lebih luas.




Harmoni Semesta

Penulis : Meyda Sefira & Lutfiah Hayati

Penerbit: Elex Media Komputindo

Tebal : 174 Halaman

Harga : Rp. 56.000,-

56 views